Deskripsi

Selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi, mahasiswa dibekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dapat mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia pasca kuliah. Namun, tidak jarang mahasiswa mengalami kebingungan dan ketidakpastian mengenai langkah yang harus diambil setelah menyelesaikan studi mereka. Oleh karena itu, BEM Unsoed melalui Kementerian Riset dan Data, menginisiasi sebuah survei dengan judul “Survei Persiapan Pascakuliah”.

Survei ini bertujuan untuk mengetahui harapan, kekhawatiran, dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi kehidupan setelah menyelesaikan studi mereka di Universitas Jenderal Soedirman. Survei ini mencakup berbagai aspek, seperti rencana karir, minat melanjutkan studi, keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, dan harapan terhadap peran almamater dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan pascakuliah.

Dengan mengumpulkan data dari survei ini, BEM Unsoed berharap dapat memperoleh gambaran yang jelas mengenai kebutuhan dan harapan mahasiswa terkait persiapan pascakuliah. Informasi yang diperoleh akan menjadi bahan evaluasi dan perbaikan bagi pihak universitas, serta menjadi acuan bagi BEM Unsoed dalam merancang program-program yang dapat membantu mahasiswa menghadapi transisi dari dunia perkuliahan ke dunia pasca kuliah dengan lebih baik.

Survei ini juga menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menyuarakan aspirasi mereka terkait persiapan pascakuliah, sehingga pihak universitas dan BEM Unsoed dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam memfasilitasi kebutuhan mahasiswa. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat memasuki dunia pasca kuliah dengan rasa percaya diri dan kesiapan yang memadai.

Metode

Dalam survei ini, populasi yang disebarkan merupakan mahasiswa aktif Unsoed angkatan 2019-2023 yang tersebar di 12 fakultas Universitas Jenderal Soedirman. Adapun metode yang akan digunakan menggunakan voluntary sampling dengan bentuk kuesioner google form yang akan disebarkan secara offline dan online, melalui publikasi media sosial baik Instagram maupun WhatsApp serta dengan menyebarkan barcode pengisian survei ke setiap fakultas yang ada di Universitas Jenderal Soedirman.

Total Responden

Terdapat 612 Responden di Dalam Survei Persiapan Pascakuliah

Feedback Hasil Survei

Please enter your email, so we can follow up with you.